KPK Sebut Tiga Pasangan Capres-Cawapres 2024 akan Hadiri Paku Integritas pada 17 Januari

kpk-sebut-tiga-pasangan-capres-cawapres-2024-akan-hadiri-paku-integritas-pada-17-januari

Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Ketiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, disebut akan memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 17 Januari 2024. (Sumber: Tribunnews)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 sudah mengonfirmasi akan menghadiri acara Penguatan Anti-Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) yang diadakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 17 Januari 2024.

Kepada Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menghadiri acara tersebut. 

“Pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir ya,” kata Ali, Selasa (9/1/2024).

Paku Integritas merupakan program KPK sejak 2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat guna menguatkan komitmen antikorupsi para penyelenggara negara.

Ali menyebut ketiga pasangan capres-cawapres tersebut akan menyampaikan komitmen pemberantasan korupsi.

Tak hanya itu, kata dia, Anies-MuhaiminPrabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud, akan menandatangani pakta integritas pemberantasan korupsi.

Baca Juga: KPK Undang Anies, Prabowo, dan Ganjar pada 17 Januari 2024, Ada Apa?

Paku Integritas pada 17 Januari mendatang juga akan dihadiri oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Ini membangun komitmen bersama, masing-masing berkesempatan menyampaikan komitmennya. Dan hadir juga dari KPU dan Bawaslu, karena dalam mengawal proses demokrasi, KPK juga memiliki agenda tentang Hajar Serangan Fajar untuk mengawal proses demokrasi yang sedang berlangsung,” jelas Ali, dikutip dari video di kanal YouTube Kompas.com

Sebelumnya, Ali menyebut acara Paku integritas rencananya digelar pada 17 Januari 2024.

Ia menyebut pihaknya https://tahapapun.com mengundang tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 untuk menghadiri acara tersebut.

“Iya betul, (capres-cawapres) diundang di program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas atau Paku Integritas,” kata Ali, Selasa.

“Sejauh ini, informasi yang kami peroleh diagendakan pada tanggal 17 Januari 2024 di Gedung Merah Putih KPK,” sambungnya.

Ia pun menegaskan undangan tersebut bukan dalam rangka adu gagasan antikorupsi, melainkan pembekalan dan penguatan integritas antikorupsi.

“Bukan adu gagasan, acara pencegahan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*