Jokowi Jawab Anies yang Heran Presiden Komentari Debat Capres: Saya Berbicara untuk Ketiga Calon

jokowi-jawab-anies-yang-heran-presiden-komentari-debat-capres-saya-berbicara-untuk-ketiga-calon

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pernyataannya terkait debat Pilpres 2024 tidak ditujukan hanya kepada satu pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres). Tetapi untuk ketiga pasangan capres-cawapres.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi merespons pernyataan capres nomor urut 1, Anies Baswedan, yang terkejut Presiden menanggapi debat ketiga Pilpres 2024.

“Saya berbicara untuk ketiga calon,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Dia menuturkan, tanggapan yang diberikannya mengenai Debat Ketiga Pilpres 2024, untuk perbaikan dan evaluasi bagi semua pihak.

Baca Juga: Jawaban Prabowo saat Kinerja Kemenhan Dinilai Rendah: Kalau dari Ente Mah, Emang Gue Pikirin!

“Untuk perbaikan-perbaikan ke depan, juga untuk introspeksi kita semuanya, untuk evaluasi kita semuanya. Saya tidak berbicara satu calon atau dua calon,” tegasnya.

Sebelumnya, Anies mengaku heran Presiden Jokowi ikut mengomentari debat capres kedua yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam lalu.

“Saya malah agak terkejut Pak Presiden kok berkomentar soal debat, ya? Jadi saya rasanya tidak mau berkomentar terlalu banyak dah, biar publik aja nanti yang menilai,” kata mantan gubernur DKI Jakarta itu di Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Sebelumnya, Jokowi menilai debat capres justru diisi usaha “saling menyerang”. Menurut dia, hal itu tidak apa-apa asalkan berkaitan dengan kebijakan.

Menanggapi itu, Anies mengatakan apa yang dibahas pada debat capres kedua, seluruhnya tentang kebijakan.

“Sebenarnya yang dibahas tadi malam (debat capres 7 Januari 2024) adalah semua soal kebijakan. Kebijakan-kebijakan yang dilakukan dan ini adalah bagian dari publik bisa melakukan penilaian atas kebijakan-kebijakan yang dibuat,” kata Anies.

“Malah aneh kalau ini dipandang sebagai personal. Ini sama sekali tidak ada yang personal. Semuanya tentang kebijakan. Bisa di-review ulang apa yang kemarin dibahas.” 

Baca Juga: Jokowi Minta Luhut Koordinir Hasil Kerja Menpan RB, Mendagri, Menkominfo hingga Menteri BUMN

Jokowi sebelumnya menilai debat capres pada 7 Januari tidak memperlihatkan substansi dari visi para capres.

“Saya memang melihat https://lokeberhasilan.com substansi dari visinya malah tidak kelihatan. Yang kelihatan justru saling menyerang, yang sebetulnya enggak apa-apa, asal (itu soal) kebijakan. Asal policy, asal visi ya enggak apa-apa,” kata Jokowi di Serang, Banten, Senin (8/1/2024)

“Tapi, kalau yang sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam, mengenai apa hubungan internasional, mengenai geopolitik, dan lain-lain, saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*