Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian 29 Oktober 2023 dengan Mata Telanjang atau Pakai Alat

cara-melihat-gerhana-bulan-sebagian-29-oktober-2023-dengan-mata-telanjang-atau-pakai-alat

Fase gerhana bulan sebagian terlihat dari kawasan Tugu Tani, Jakarta, Rabu (26/5/2021). Cara melihat gerhana Bulan sebagian 29 Oktober 2023. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Aprillio Akbar)

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Masyarakat Indonesia di sejumlah wilayah akan disajikan fenomena langit, di mana gerhana Bulan sebagian (GBS) akan muncul pada Minggu (29/10/2023) dini hari nanti.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gerhana Bulan sebagian akan terjadi pada 29 Oktober 2023 dini hari.

Gerhana ini terjadi saat posisi Bulan, Matahari, dan Bumi sejajar sehingga membuat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra Bumi. 

Baca Juga: Jam Berapa Gerhana Bulan 29 Oktober 2023 Terjadi? Ini Jadwal, Daftar Wilayah, dan Cara Melihatnya

Saat gerhana mencapai puncaknya, Bulan akan terlihat berwarna gelap dan sedikit kemerahan pada bagian yang terkena umbra Bumi.

BMKG menjelaskan, durasi gerhana dari fase gerhana mulai (P1) hingga gerhana berakhir (P4) adalah 4 jam 28 menit 10 detik.

Adapun durasi parsialitas, yaitu lama waktu dari fase gerhana sebagian mulai (U1) hingga gerhana sebagian berakhir (U4) terjadi selama 1 jam 18 menit 57 detik.

Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian 29 Oktober 2023

Melansir Tribunnews, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melihat gerhana Bulan sebagian. Kabar baiknya, Anda dapat melihat gerhana Bulan sebagian ini dengan mata telanjang.

Namun, jika ingin melakukan pengamatan dengan lebih rinci, alat bantu seperti teropong atau teleskop akan sangat berguna. Berikut cara melihat gerhana Bulan 29 Oktober 2023:

1. Cukup ke luar ruangan dan cari Bulan di langit yang cerah

Gerhana Bulan sebagian, baik https://tipatkaiganteng.com yang disebut penumbra maupun total, dapat aman dilihat dengan mata telanjang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang peralatan khusus atau filter. 

Hal ini disebabkan oleh sifat cahaya Bulan, yang hanyalah pantulan dari sinar matahari sehingga tidak akan menyilaukan mata Anda. Carilah langit yang cerah dan bebas awan, dan pastikan Anda memiliki pandangan yang jelas ke Bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*